Image default
Berita Terkini

Survei IPE Elektabilitas Ganjar-Mahfud Ungguli Prabowo dan Anies

IsuKini.com – Indonesia Politics Expert (IPE) telah mengeluarkan hasil penelitian terkait tingkat dukungan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dari Agustus hingga Desember 2023.

Agustanto Suprayoghi, Direktur Riset dan Survey IPE, menyatakan bahwa berdasarkan survei IPE, pasangan capres-cawapres nomor urut 03, yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, menduduki posisi teratas dibandingkan dengan pasangan lainnya.

Pada rentang survei Agustus – September, pasangan Ganjar-Mahfud meraih dukungan sebesar 30,45%. Kemudian, pada survei bulan November, angka dukungan mereka meningkat menjadi 32,78%. Terakhir, pada survei Desember, elektabilitas keduanya kembali meningkat menjadi 33,57%.

“Kenaikan elektabilitas 03 mempunyai relevansi yang cukup kuat dengan figur idaman capres-cawapres yang diinginkan masyarakat dekat dengan rakyat, bebas KKN jujur dipercaya,” kata Agustanto, Selasa (2/1/2024).

Agustanto menyampaikan bahwa pada saat ini, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud hanya perlu melakukan sosialisasi yang intensif terkait visi dan misi pasangan nomor urut 03 kepada masyarakat.

“Jadi dari 03 branding yang sudah dilakukan oleh TPN sampai hari ini menurut kami itu sudah nempel. Sekarang tinggal bagaimana visi misi yang mereka lebih disosialisasikan,” jelasnya.

Baca Juga : Prabowo-Gibran Memainkan Program Kartu-kartu Persis Jurus Jokowi

Perlu dicatat bahwa pada survei Agustus-September, pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 01, Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, memperoleh tingkat elektabilitas sebesar 23,79%. Pada survei November, angka tersebut meningkat menjadi 25,60%, dan pada survei Desember, pasangan ini meraih elektabilitas sebesar 26,79%.

Sementara itu, untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pada survei Agustus-September mereka memperoleh hasil sebesar 29,89%. Pada survei November, elektabilitas pasangan ini naik menjadi 30,75%, dan pada survei Desember, mereka mencapai elektabilitas sebesar 31,25%.

Survei IPE ini dilakukan selama periode Agustus 2023 hingga Januari 2024, melibatkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Pengambilan sampel/responden menggunakan metode random purposive, dimulai dari pemilihan kecamatan hingga responden di satuan Keluarga (5 Keluarga per lokus desa yang di-sampling). Kriteria responden mencakup warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih, terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), berusia 17 tahun ke atas, dan sudah menikah. Jumlah responden yang terlibat adalah sebanyak 2.400, dengan tingkat kesalahan sampel sebesar 2,83% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Uji validitas dan kontrol dilakukan dengan memeriksa 20% dari responden menggunakan metode withness dan spot check.

Baca Juga : Prabowo-Gibran Memainkan Program Kartu-kartu Persis Jurus Jokowi

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dariĀ isukini.comĀ Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Related posts

Sejarah dan Signifikansi Hari Anak Sedunia: Menyuarakan Kesejahteraan dan Hak Anak-Anak

salma hn

Pemeriksaan Putri Maluku Utara oleh KPK dalam Skandal Korupsi Gubernur Abdul Gani

Dian Purwanto

5 Cara Kreatif Untuk Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024 Lewat #SelamatHARDIKNAS2024

admin

Leave a Comment