Image default
Berita Terkini

Prabowo-Gibran Memainkan Program Kartu-kartu Persis Jurus Jokowi

IsuKini.com – Pada kontes Pilpres 2014 dan 2019, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mencanangkan program pemerintahnya dengan melibatkan penerbitan kartu-kartu untuk masyarakat. Kartu-kartu ini diterapkan dalam dua periode kepemimpinannya.

Pada periode pertama, Jokowi meluncurkan tiga kartu, termasuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk siswa SD-SMA dari keluarga kurang mampu, Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk fakir miskin dengan iuran ditanggung pemerintah, dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang memberikan bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin.

Pada periode kedua, Jokowi memperkenalkan Kartu Sembako, Kartu Indonesia Pintar Kuliah, Kartu Tani Digital, dan Kartu Pemerintah Domestik atau KKP Domestik.

Langkah-langkah ini menjadi model bagi Prabowo Gibran, pasangan calon nomor urut 2, yang berkomitmen untuk melanjutkan program kartu tersebut dalam kampanye mereka untuk Pemilihan Presiden 2024, dengan berikut adalah daftar program yang dijanjikan.

Baca Juga : Intimidasi Terhadap Seniman Butet Kartaredjasa dan Agus Noor

  1. KIS Lansia

Pasangan Prabowo-Gibran berencana untuk menyempurnakan dan melanjutkan program-program kartu yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi. Selain mempertahankan program Kartu Indonesia Sejahtera (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Program Keluarga Harapan (PKH), mereka juga berkomitmen untuk mengintegrasikan program baru, yakni KIS Lansia.

Meskipun demikian, gagasan mengenai KIS Lansia tersebut mendapat respons dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam presentasi Konferensi Pers APBN KiTA pada Rabu, 25 Oktober 2023. Sri Mulyani mengklarifikasi bahwa dua program tersebut sudah ada di era pemerintahan Jokowi dan telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2024.

  1. Kartu Anak Sehat

Pasangan Prabowo-Gibran juga akan mengeluarkan Kartu Anak Sehat untuk pencegahan stunting. Program ini nantinya akan dicanangkan oleh istri Gibran, Selvi Ananda. “Ada satu lagi, tapi yang bawa istri saya saja karena berhubungan dengan ibu dan anak. Kartu anak sehat untuk pencegahan stunting,” kata Gibran dikutip pada 26 Oktober 2023.

  1. Kartu Start-up

Program ini diperkenalkan Prabowo-Gibran sesaat sebelum mendaftar ke KPU pada Rabu 25 Oktober lalu. Ketua Tim Relawan Prabowo-Gibran Digital Team (PRIDE), Anthony Leong menyebut program itu ditujukan kepada kaum muda, milenial, dan gen Z, serta berbasis pada inovasi dan teknologi.

Anthony berharap kartu start up bisa menjangkau dan menyasar kalangan kaum muda. Selain itu, ia juga yakin program tersebut bermanfaat dalam membuka lapangan pekerjaan baru.

Dari hasil kajian PRIDE, Anthony mengklaim program kartu start up sangat relevan dan dibutuhkan para pelaku start up, serta milenial dan gen Z dalam mengembangkan usaha mereka

“Karena pada dasarnya program ini bukan sekadar janji, tapi bagaimana para PRIDE sudah mengkaji, dan program ini akan kita pakai sebaik mungkin untuk menghadirkan solusi terbaik untuk masyarakat,” kata dia dikutip dari antaranews.com, 6 Desember 2023.

Ia mengatakan program kartu start up merupakan keberlanjutan program Jokowi. Prabowo-Gibran menyempurnakan dan melengkapi program yang sudah dilakukan Jokowi dalam mendukung dan menumbuhkan start up baru di Indonesia.

Baca Juga : UMP DKI 2024 Hari Ini Diketok, Ini Kisaran Angkanya

Yuk dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari isukini.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email dan sosial media kami lainnya!

Related posts

Jusuf Kala Terjun Langsung Dukung Kampanye AMIN

salma hn

Prakerja 2024 Segera Dibuka! Cek Jadwal dan Program Terbarunya

salma hn

TPN Ganjar-Mahfud Luncurkan 4 Aplikasi

salma hn

Leave a Comment